Direktory dunia pendidikan lengkap dengan berita dan informasi serta tutorial belajar

google_chrome

definisi pendidikan

definisi pendidikan

Semangat untuk belajar itu tidak akan pernah sirna jika kita selalu mempunyai motivasi untuk maju. Di tengah era kemajuan zaman yang di penuhi dengan berbagai macam budaya yang datang dari luar kita di paksa untuk memilah dan memilih mana yang terbaik bagi kita dan putra putri kita. Direktory pendidikan coba mengartikan definisi Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita,ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan
tut wuri handayani

Dari logo di samping ada penggalan dari semboyan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara atau Raden Mas Soewardi Soerjaningrat. Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889 dan meninggal di Yogyakarta 26 April 1959 pada umur 69 tahun. Beliau aktivis pergerakan kemerdekaan Indonesia, kolumnis, politisi, dan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia. Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara ketika mendirikan sekolah Perguruan Taman Siswa membuat semboyan yang berbunyi "Tut Wuri Handayani" yang artinya "Di belakang memberikan dorongan".

1.  BIDANG SEGI LIMA
Warna biru muda menggambarkan alam kehidupan Pancasila.

2. SEMBOYAN TUT WURI HANDAYANI 
Digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan system pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan kita terhadap almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan Hari Pendidikan Nasional.

3. BELENCONG MENYALA BERMOTIF GARUDA
Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukan menjadi hidup. Burung Garuda yang menjadi motif belencong memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda digambarkan masing-masing lima, yang berarti: “Satu kata dengan perbuatan Pancasilais”

4. BUKU
Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

5. WARNA 
Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih tanpa pamrih. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup pancasila).

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam berbagai hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh karena itu satu-satunya jalan untuk mencerdaskan diri kita  adalah dengan meningkatkan pendidikan demi untuk menjadikan diri dan keluarga kita maju..

sumber : saduran
pesan    : mohon maaf bila ada kesalahan penulisan


share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by andrihdt, Published at 00.35 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Belajar membuat video di youtube

Sudah lama tidak pernah posting, dan kali ini ingin berbagi sesuatu dan mencoba memulainya. Pada kesempatan kali ini saya coba membuat posti...