Direktory dunia pendidikan lengkap dengan berita dan informasi serta tutorial belajar

google_chrome

minat belajar anak

minat belajar anak

Minat belajar dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan sebagai hasil dari keikutsertaan dalam suatu kegiatan. Karena itu minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, kecakapan melalui usaha, pengajaran atau pengalaman. Definisi dari minat belajar adalah kecenderungan seseorang terhadap obyek atau sesuatu kegiatan yang digemari yang disertai dengan perasaan senang, adanya perhatian, dan keaktifan berbuat.

anakMinat Belajar besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar anak. Jika seorang anak berminat terhadap pelajaran matematika maka anak tersebut akan mempelajari pelajaran matematika dengan sungguh-sungguh seperti rajin berhitung dan menghapal perhitungan, merasa senang mengikuti bidang pelajaran matematika dan bahkan dapat menemukan kesulitan–kesulitan dalam belajar menyelesaikan soal-soal latihan dan praktikum karena adanya daya tarik yang diperoleh dengan mempelajari matematika. Siswa akan mudah menghafal pelajaran yang menarik minatnya.

Minat belajar berhubungan erat dengan motivasi. Motivasi muncul karena adanya kebutuhan, begitu juga minat, sehingga tepatlah bila minat merupakan alat motivasi. Proses belajar akan berjalan lancar bila disertai minat. 

Berikut beberapa langkah pendidikan untuk menimbulkan minat belajar anak : ∼Mengarahkan perhatian pada tujuan yang hendak dicapai serta memberikan motivasi kepada siswa agar menaruh perhatian yang tinggi terhadap bidang studi yang sedang diajarkan.
∼Minat memperkecil kebosanan belajar dalam diri anak.
∼Mengembangkan kebiasaan yang teratur
∼Merencanakan aktivitas belajar dan mengikuti rencana pelajaran yang akan dii ajarkan
∼Pastikan tujuan belajar saat itu misalnya menyelesaikan PR atau hanya sekedar belajar menghapal. ∼Bersikaplah positif di dalam menghadapi kegiatan belajar.
∼Jika anak kita masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, bacakan dongeng dengan posisi memangku anak ini akan menanamkan rasa cinta dari orangtua.
∼Melatih kebebasan emosi selama belajar.

Sebagai orangtua kita harus bisa memaafkan anak jika mendapat nilai jelek di sekolah. Peran orangtua harus mendukung apapun hasil yang di dapat anak di sekolah dan jangan sekali-kali menyebutnya anak bodoh. Ini akan tertanam dalam benak anak dan menghancurkan semangatnya.Dengan minat belajar yang tinggi diharapkan anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan serta mengarungi kehidupan pada masa dewasa.


sumber  : saduran 
pesan    : mohon maaf bila ada kesalahan penulisan


share this article to: Facebook Twitter Google+
Posted by andrihdt, Published at 21.31 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Belajar membuat video di youtube

Sudah lama tidak pernah posting, dan kali ini ingin berbagi sesuatu dan mencoba memulainya. Pada kesempatan kali ini saya coba membuat posti...